Tahapan Pembuatan Logo l Inspirasi logo, Logo unik


My logo.1.0

Logo merupakan bagian utama dalam branding. Logo adalah sebuah simbol atau lambang yang menggambarkan ciri dari barang, lembaga, perusahaan, instansi, website ataupun Blog. Sebuah Logo dikatakan baik jika orang yang melihat akan langsung menghubungkan dengan produk tersebut.. Inilah mengapa logo dirancang kuat dan di desain secara bertahap agar dapat mengkomunikasikan merek dengan baik.


Tetapi banyak orang membuat logo tanpa ada arti atau hanya sekedar simbol, tapi sebagian orang yang cerdik akan membuat logo dengan memberikan pesan agar bisa di tangkap oleh pengguna. maka daripada itu disini saya akan memberikan tips cara dan tools2 apa saja yang harus kita persiapkan dalam membuat tools....Cekidott...


Software yang dibutuhukan,yaitu :


keluarga adobe


Adobe Systems (NASDAQADBE) adalah perusahaan perangkat lunak yang bergerak di bidang grafisanimasivideo, dan pengembangan web. Adobe adalah salah satu perusahaan perangkat lunak yang paling besar di dunia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1982 dan berpusat di San JoseCalifornia, AS. Beberapa dari produk-produknya yang terkenal dan mendunia adalah PhotoshopFlash, dan Acrobat.yang akan kita bahas kali ini adalah Photoshop dan Adobe ilustrator


1.Adobe Photoshop

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek.

Download Photoshop Disini


logo yang saya buat sendiri di photoshop


Dalam pembuatan Logo dalam photoshop termasuk yang agak sulit karena Fitur2 dari photoshop sendiri bervariasi dan photoshop adalah aplikasi yang termasuk berfokus kepada editing photo bukan dalam pembuatan logo


2.Adobe Ilustrator

Adobe Illustrator adalah sebuah program perangkat lunak atau program graphic design pengolah image berbasis vector , vector itu sendiri merupakan sekumpulan titik dan garis yang saling terhubung yang merupakan perpaduan dari warna-warna sehingga membentuk sebuah objek menggambar yang  diciptakan oleh Adobe Systems yang menggunakan vektor.

Download Ilustrator Disini

A : Mengapa menggunakan adobe ilustrator lebih mudah ?
B : Karena fitur dalam adobe ilustrator fokus dalam pembuatan logo
A : Apa perbedaan fitur dalam adobe ilustrator ??
B : Adobe ilustrator difokuskan dalam pembuatan vector yang menggunakan kurva


Logo-logo perusahaan/ brand ini mempunyai makna-makna yang tersembunyi, beberapa dapat dilihat dari pemilihan logo ataupun dari pemilihan warna. Simak beberapa logo terkenal yang mempunyai arti tersembunyi berikut ini :

1. Beats


Logo Beats milik Andre Romelle a.k.a DRE ini memang terlihat sangat sederhana. Terlihat disana karakter ‘b’ sebagaimana kita tahu huruf tersebut adalah huruf awal dari produk ini yang tertutup oleh sebuah lingkaran. Lingkaran pada logo itu, bukan lingkaran biasa seperti yang kita pikirkan. Lingkaran itu sebenarnya menggambarkan sebuah kepala manusia, sedangkan karakter ‘b’ tersebut digambarkan sebuah headphones. Maka pada logo tersebut diilustrasikan seseorang sedang menggunakan headphones. Logo ini memiliki artian tersendiri, yaitu memungkinkan penggunanya melihat diri mereka sendiri dalam sebuah headphones.

2. Cisco

Cisco adalah sebuah pemimpin dan perusahaan jaringan internet terbesar di dunia, yang namanya diambil dari letak lokasinya, yaitu di San Francisco. Meskipun nama pada logo mereka tidak memiliki arti yang tersembunyi -‘Cisco’- namun garis-garis berwarna biru yang ada diatas huruf ‘Cisco’ bukan hanya menggambarkan gelombang elektromagnetik, namun menggambarkan sebuah jembatan kebanggaan, The Golden Gate Bridge.
Ditemukan di San Francisco, dan garis-garis biru bukan hanya melambangkan gelombang elektromagnetik, namun juga menggambarkan The Golden Gate Bridge.


3. Spartan


Logo ini milik The Spartan Golf Club yang memiliki arti ganda. Ketika kamu melihat dari satu sisinya, kamu mungkin dapat melihat seorang pemain golf sedang mengayun stik golf-nya, dengan sebuah bayangan lintasan yang berada disampingnya. Jika kamu melihat dari sisi lainnya, kamu dapat juga melihat profil Spartan pada helmnya.

4. Unilever

Unilever banyak membuat berbagai macam produk, dan untuk menunjukkan suatu produk yang mereka keluarkan, mereka menciptakan logo ‘U’ sebagai penanda produk-produk mereka. Itu cara mereka dalam menciptakan produk yang tak terjangkau banyaknya. Jika dilihat lebih detail, didalam logo ‘U’ tersebut terdapat banyak tanda produk yang mereka produksi dari waktu ke waktu dalam jumlah yang besar.

5. FedEx


Fedex adalah salah perusahaan pengiriman internasional terbesar di dunia, dan logo tersebut sering terpampang pada truk dan pesawat dan alat transportasi lainnya. Tahukah kamu bahwa terdapat sebuah tanda tersembunyi dibalik warna logonya yang sederhana itu? Yap… terdapat simbol panah antara huruf ‘E’ dan ‘x’ yang mengartikan bahwa produk mereka yang terus bergerak maju dengan kecepatan dan ketepatan tinggi. Ya, itu dia merek FedEx.

6.Greenlabs


Greenlabs ialah sebuah perusahaan pemasaran dan web solusi digital, menggunakan sebuah pohon sebagai logo mereka. Ini menonjolkan aspek ‘green’ sebagai bentuk ramah lingkungan dari brand mereka, lalu bagaimana dengan labs? Mahkota pada bagian atas pohon adalah sebuah otak, yang mewakili para karyawan mereka yang cerdas.

7. AG Low


AG Low adalah sebuah perusahaan konstruksi, yang memiliki logo sederhana, sebuah logo yang terambil dari ejaan nama perusahaan – dengan cara yang unik. Logo tersebut tertata seperti sebuah gambar denah rumah.

8. Baskin Robbins

Baskin Robbins adalah es krim yang dikenal dengan rasa yang tak terbantahkan enaknya (31, angka yang terselip ditengahnya yang menandakan bahwa mereka menyediakan 31 macam es krim yang mereka tawarkan). Dibalik angka terkenal itu tersembunyi dalam logo ‘B’ dan ‘R’ pada logonya, dimana ‘B’ adalah kurva dan ‘R’ adalah batang. Tersirat arti sebuah kesenangan dan semangat dalam logo tersebut, seperti bagaimana perasaan anda disaati sedang atau sesudah menikmati es krim mereka.

9. Lion Bird


Logo ini adalah salah satu kejeniusan manipulasi visual. Apakah kamu melihat gambar seekor burung, atau singa pada logonya ketika melihat gambar ini pertama kali? Ya, keduanya ada disana, meskipun gambar singa cenderung lebih minimalis. Dengan wajah yang tersusun dari tubuh burung, ketika mata anda melihat dari sisi kosong pada luar bagian tubuh burung. Singa melambangkan suatu serangan dari brand mereka dan burung melambangkan kekuatan mereka.

Mohon maaf ada kekurangan kata ataupun salah ucap, karna saya masih belajar

Untuk Tutorial Membuat logo dengan photoshop
Link : 

Komentar